Cara Agar Blog Otomatis Muncul di Pencarian Google


Cara Agar Blog Otomatis Muncul di Google
Cara Agar Blog Otomatis Muncul di Mesin Pencarian Google
Cara Agar Blog Otomatis Muncul di Pencarian Google - Selamat datang kembali teman-teman di blog saya ini, baik kali ini saya mau membagikan cara bagaimana cara agar blog muncul di google? banyak dari teman-teman yang mengeluh blognya tidak mau muncul di pencarian google dan banyak juga yang sudah posting banyak artikel namun tak kunjung juga datang visitor dari mesin pencarian google.
Oke kali ini gak akan banyak bincang sana-sini langsung ke langkah-langkahnya daripada bingung kesana kemari tapi masalah gak teratasi.  

Search Visibility (SeV) 

Sebelum itu di blogger sendiri sudah fitur yang bernama Search Visibility (Sev), fitur SEO bawaan google ini akan membantu orang dapat menemukan blog kalian agar dapat terindex oleh mesin pencarian, cara mengetahui dan menghidupkan nya adalah dengan :
  1. Masuk ke Blogger. 
  2. Klik blog yang akan diperbarui. 
  3. Di menu sebelah kiri, kemudian klik Setelan kemudin cari Di bagian "Dasar", di samping "Privasi", klik Edit. 
    Setting Search Visibility Blogger
    Setting Search Visibility Blogger
  4. Pilih Ya untuk Cantumkan blog Anda di Blogger Cantumkan blog Anda di mesin telusur 
  5. Klik Simpan perubahan

Daftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Google Webmaster tools memiliki fungsi untuk memonitor kondisi internal blog, seperti mendapatkan informasi tentang waktu perayapan Googlebot, memberitahu berbagai masalah yang muncul, dan banyak lagi. Selain itu , dengan mensubmit blog ke Google Webmaster teman-teman dapatt mengetahui daftar backlink blog ,mengetahui status index artikel, memantau error yang terjadi pada blog Anda. menghilangkan backlink negatif ( disavow tool ), Menghapus URL yang sudah rusak dan masih banyak lagi lainnya.

Oke teman-teman langkah untuk mendaftarkan blog ke Google Webmaster :
  1. Pertama kali yang dilakukan adalah masuk ke halaman Google Webmaster Tools. Tampilan terbarunya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini. Langsung klik Start Now. 
    Cara Daftar Ke Google Webmaster Tools
    Cara Daftar Ke Google Webmaster Tools
  2. Login menggunakan akun gmail teman-teman.
  3. Kemudian langkah selajutnya klik add situs / tambahkan properti,disini teman-teman akan dihadapkan 2 metode yaitu dengan Add Domain cukup memasukkan nama domain Anda saja, ngga perlu pakai embel-embel Http, Https, ataupun Www karena nanti semuanya akan otomatis terintegrasi. sedangkan di metode URL Prefix harus dimasukkan satu per satu. Misalnya https://halohalonewbie.blogspot.com, halohalonewbie.blogspot.com, http://www.halohalonewbie.blogspot.com dan http://halohalonewbie.blogspot.com. Keempatnya dimasukkan dan di verifikasi satu per satu.
  4. Langkah selajutnya teman-teman lakukan verifikasi kepemilikan blog ikuti langkah yang tertulis di laman webmaster, teman-teman bisa pilih berbagai cara untuk verifikasi kepemilikan saya lebih menyarkan dengan metode HTML tag karena tinggal copy kode ke bagian template kita.
  5. Jika sudah, silakan teman-teman kembali ke halaman Webmaster, klik Verify, lalu klik Go to Property. Sekarang blog Anda sudah terintegrasi dengan Webmaster, dan dalam 24 – 48 Jam data-datanya akan mulai tampil. 
  6. Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah submit Sitemap blog Anda ke dalam Webmaster tools, agar mempercepat dan memudahkan Googlebot untuk merayapi blog Anda. Caranya adalah di bagian Menu Index, Pilih Peta Situs silakan masukan url sitemap anda dan klik sumbit
    Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools
    Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools
Baik Sampai disini blog sudah akan otomatis terindex ke mesin pencarian google, namu ada langkah selajutnya harus kalian lakukan.

PING URL ke Search Engine

Cara ini berfungsi untuk memanggil,ya benar teman-teman memanggil... Lebih tepatnya memanggil robot search engine atau mesin pencari seperti google untuk browsing halaman situs web atau blog yang di ping kan ke google agar cepat dan mudah terindex.
  1. Silakan Masuk Ke Situs Ping Berikut ( pingler.com / pingomatic.com )
  2. Masukan Data Situs Teman-Teman baik Judul Artikel, Url ,dan Kategori
  3. Klik Submit , Tunggu sampai Proses Selesai
Tetapi cara ini saya sarankan hanya dilakukan sehari sekali atau setiap teman-teman memposting artikel di halaman teman-teman. Jangan terlalu banyak submit karena bisa dianggap spam.

PING URL Di Google Webmaster / URL Inspection

Cara ini cukup ampuh dan sudah saya terapkan di blog saya ini hasilnya luar biasa langsung bisa muncul setelah url artikel di Insperction. Caranya :
  1. Masuk Ke Google Webmaster Tools
  2. Klik Menu Url Inspection
  3. Masukan URL Postingan teman-teman
    Cara URL Inspection di Webmaster Tool
  4. Kemudian Lakukan Index Manual, Lakukan Cara ini setiap habis posting ke blog. 
  5. Bisa juga digunakan untuk mengecek url apkah sudah terindex atau belum jika belum silakan lakukan pengindexan manual seperti langkah diatas.
Oke cukup sekian dulu postingan kali ini semogga bisa bermanfaat dan membuat semangat ngeblog teman-teman meningkat.

6 comments for "Cara Agar Blog Otomatis Muncul di Pencarian Google"

  1. Jangan lupa daftarkan juga di yandex sama bing webmaster.
    Rumah IT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya akan sangat bagus lagi apabila blog kita juga di daftarkan ke yandex dan bing karena pastinya akan juga terindex oleh mesin pencarian situs tersebut.

      Delete
  2. Wah wajib di coba nih,terima kasih tipsnya gan, jangan lupa mampir di blog saya riotallo.com

    ReplyDelete
  3. Siap, terima kasih atas infonya gan. Semangat terus ngeblognya gan!

    ReplyDelete
  4. Yap, selain maksih yah gan... ini kern loh , kok lom upgrade ke TLd?

    ReplyDelete

Post a Comment