Arti Penting Pendidikan Multikultural di Indonesia |
Jadi, pendidikan multikultural mencakup:
- Ide dan kesadaran akan nilai penting keragaman budaya
- Gerakan pembaharuan pendidikan
- Proses pendidikan.
Rasional dan Arti Pentingnya Pendidikan Multikultural
Akan berhubungan dengan Benang Merah Pemikiran Pendidikan Multikultural yaitu :
- Kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk mewujudkan potensi sepenuhnya;
- Penyaiapan pelajar untuk berpartsisipasi penuh dalam masyarakat antar budaya;
- Penyiapan pengajar agar memudahkan belajar bagi setiap siswa secara efektif, tanpa memperhatikan perbedaan atau persamaan budaya dengan dirinya;
- Partisipasi aktif sekolah dalam menghilangkan penindasan dalam segala bentuknya:
- Pendidikan harus berpusat pada siswa dengan mendengarkan aspirasi dan pengalaman siswa;
- Pendidik, aktivis dan yang lain harus mengambil pernanan lebih aktif dalam mengkaji ulang semua praktek pendidikan, termasuk teori belajar, pendekatan mengajar, evaluasi, materi pendidikan dsb.
Tujuan Pendidikan Multikultural
Pendidikan multikulturan memiliki tujuan sebagi berikut :
1. Pengembangan Literasi Etnis dan Budaya;2. Perkembangan Pribadi;
3. Klarifikasi Nilai dan sikap;
4. Kompetensi Multikultural;
5. Kemampuan Ketrampilan dasar;
6. Persamaan dan Keunggulan Pendidikan;
7. Memperkuat Pribadi untuk reformasi sosial;
8. Memiliki wawasan kebangsaan/kenegaraan yang kokoh;
9. Memiliki wawsan hidup yang lintas budata dan lintas bangsa sebagain warga dunia; dan
10.Hidup berdampingan secara damai.
Fungsi Pendidikan Multikultural
Menurut Gorski, pendidikan multikultural berfungsi:1. memberi konsep diri yang jelas;
2. membantu memahami pengalaman kelompok etnis dan budaya ditinjau dari sejarahnya;
3. membantu memahami bahwa konflik antara yang ideal dan realitas itu memang ada pada setiap masyarakat;
4. membantu mengembangkan pembuatan keputusan partisipasi sosial dan ketrampilan kewarganegara- an; dan
5. mengenal keberagaman dalam penggunaan bahasa.
Dapat lebih ditekankan bahwa sekolah pada dasarnya berfungsi mendasari perubahan masyarakat dan meniadakan penindasan dan ketidakadilan. Fungsi pendidikan multikultural yang mendasar adalah mempengaruhi perubahan sosial, ada tiga butir perubahan:
1. perubahan diri;
2. perubahan sekoalh dan persekolahan;
3. perubahan masyarakat