Arti Penting Pendidikan Multikultural di Indonesia

Arti Penting Pendidikan Multikultural di Indonesia
Arti Penting Pendidikan Multikultural di Indonesia
Pendidikan multikultural adalah ide, gerakan pembaharuan pendidikan dan proses pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa baik pria maupun wanita, siswa berkebutuhan khusus, dan siswa yang merupakan anggota dari kelompok ras, etnis, dan kultur yang bermacam-macam itu akan memiliki kesem- patan yang sama untuk mencapai prestasi akademis di sekolah.

Jadi, pendidikan multikultural mencakup:
 - Ide dan kesadaran akan nilai penting keragaman budaya
 - Gerakan pembaharuan pendidikan
 - Proses pendidikan.

Rasional dan Arti Pentingnya Pendidikan Multikultural

Akan berhubungan dengan Benang Merah Pemikiran Pendidikan Multikultural yaitu :
  1. Kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk mewujudkan potensi sepenuhnya; 
  2. Penyaiapan pelajar untuk berpartsisipasi penuh dalam masyarakat antar budaya; 
  3. Penyiapan pengajar agar memudahkan belajar bagi setiap siswa secara efektif, tanpa memperhatikan perbedaan atau persamaan budaya dengan dirinya; 
  4. Partisipasi aktif sekolah dalam menghilangkan penindasan dalam segala bentuknya:
  5. Pendidikan harus berpusat pada siswa dengan mendengarkan aspirasi dan pengalaman siswa; 
  6. Pendidik, aktivis dan yang lain harus mengambil pernanan lebih aktif dalam mengkaji ulang semua praktek pendidikan, termasuk teori belajar, pendekatan mengajar, evaluasi, materi pendidikan dsb.
Pendidikan multikultural merupakan jembatan dalam mencapai kehidupan bersama dari umat manusia dari berbagai budaya di era global yang penuh tantangan baru. Pertemuan antar budaya bisa berpotensi memberi manfaat tetapi sekaligus menim-bulkan salah paham.

Pendidikan multikultural adalah ide, gerakan pembaharuan pendidikan dan proses pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengubah struktur lembaga pendidikan supaya siswa baik pria maupun wanita, siswa berkebutuhan khusus, dan siswa yang merupakan anggota dari kelompok ras, etnis, dan kultur yang bermacam-macam itu akan memiliki kesem- patan yang sama untuk mencapai prestasi akademis di sekolah.

Tujuan Pendidikan Multikultural

Pendidikan multikulturan memiliki tujuan sebagi berikut :
1. Pengembangan Literasi Etnis dan Budaya;
2. Perkembangan Pribadi;
3. Klarifikasi Nilai dan sikap;
4. Kompetensi Multikultural;
5. Kemampuan Ketrampilan dasar;
6. Persamaan dan Keunggulan Pendidikan;
7. Memperkuat Pribadi untuk reformasi sosial;
8. Memiliki wawasan kebangsaan/kenegaraan yang kokoh;
9. Memiliki wawsan hidup yang lintas budata dan lintas bangsa sebagain warga dunia; dan
10.Hidup berdampingan secara damai.

Fungsi Pendidikan Multikultural

Menurut Gorski, pendidikan multikultural berfungsi:
1. memberi konsep diri yang jelas;
2. membantu memahami pengalaman kelompok etnis dan budaya ditinjau dari sejarahnya;
3. membantu memahami bahwa konflik antara yang ideal dan realitas itu memang ada pada setiap masyarakat;
4. membantu mengembangkan pembuatan keputusan partisipasi sosial dan ketrampilan kewarganegara- an; dan
5. mengenal keberagaman dalam penggunaan bahasa.

Dapat lebih ditekankan bahwa sekolah pada dasarnya berfungsi mendasari perubahan masyarakat dan meniadakan penindasan dan ketidakadilan. Fungsi pendidikan multikultural yang mendasar adalah mempengaruhi perubahan sosial, ada tiga butir perubahan:
 1. perubahan diri;
 2. perubahan sekoalh dan persekolahan;
 3. perubahan masyarakat