Bangunan Dengan Kuda Kuda Baja Ringan

Konstruksi kuda-kuda baja termasuk konstuksi yang ringan bila dibandingkan dengan konstruksi jembatan sehingga alat sambung yang digunakan dipilih alat sambung baut. Apabila jarak kuda-kuda yang satu dengan yang lain cukup besar misalnya 5,00 m sampai 6,00 m, balok gording dapat dibuat dari baja profil kanal atau baja profil i,sedangkan untuk jarak yang lebih besar lagi, maka untuk menghemat balok gording dapat dibuat baja profil yang disusun (construeer ).
Contoh Kuda Kuda Baja Ringan dan Portal Baja 

KUDA-KUDA BAJA RINGAN

Pada bangunan-bangunan yang memiliki bentangan yang besar akan menghasilkan gaya batang yang besar pula, sehingga konstruksi sambungan pada titik-titik buhul pada kuda-kuda kayu akan sulit pemecahannya. Kalaupun bisa hal ini memerlukan alat sambung yang rumit dan dimensi kayu yang besar sehingga menghasilkan berat sendiri yang sangat besar.

Untuk mengatasi hal ini salah satu alternatif adalah dengan memilih struktur rangka batang dari baja. Dalam hal kesulitan memecahkan system sambungan pada kuda-kuda dengan bentang yang besar, pemilihan kuda-kuda baja sangat tepat karena kesulita konstruksi titikb uhul dapat diatasi dengan baik.

Pada konstruksi baja prinsip sambungan batang tarik hampir sama dengan sambungan pada batang tekan, hanya pada batang tarik harus didasarkan pada luas bersih (netto) dan pada batang tekan didasarkan pada luas kotor (bruto) sedang perhitungan kebutuhan alat sambung adalah sama.

Pada bangunan-bangunan yang memiliki bentangan yang besar akan menghasilkan gaya batang yang besar pula, sehingga konstruksi sambungan pada titik-titik buhul pada kuda-kuda kayu akan sulit pemecahannya. Kalaupun bisa hal ini memerlukan alat sambung yang rumit dan dimensi kayu yang besar sehingga menghasilkan berat sendiri yang sangat besar.
Contoh Kuda-Kuda Baja

Konstruksi kuda-kuda baja termasuk konstuksi yang ringan bila dibandingkan dengan konstruksi jembatan sehingga alat sambung yang digunakan dipilih alat sambung baut. Apabila jarak kuda-kuda yang satu dengan yang lain cukup besar misalnya 5,00 m sampai 6,00 m, balok gording dapat dibuat dari baja profil kanal atau baja profil i,sedangkan untuk jarak yang lebih besar lagi, maka untuk menghemat balok gording dapat dibuat baja profil yang disusun (construeer ).

Balok gording akan melantur dengan arah tegak lurus terhadap bidang atap dan sejajar terhadap bidang atap. Untuk menahan lenturan dengan arah tegak lurus budang atap harus dapat ditahan sendiri oleh gording, sedangkan untuk menahan lenturan yang searah dengan bidang atap bisa dibantu dengan batang-batang tarik dari baja bulat Ø 12 mm atau sesuai kebutuhan yang disusun sedemikian sehingga satu dengan yang lain saling tarik menarik. 

Pada struktur kuda-kuda yang besar, maka konstruksi tumpuan harus betul-betul dapat menjamin kebebasan kuda-kuda untuk bergerak akibat kembang-susut baja yang disebabkan perubahan temperatur. Pada bangunan yang sederhana, agar kuda-kuda dapat bergerak bebas maka lubang untuk akur ( baut ) dapat dibuat agak panjang, sedangkan pada konstruksi yang besar harus dibuat konstruksi khusus. 

GAMBAR KERJA KUDA-KUDA BAJA RINGAN

Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini diberikan contoh kuda-kuda baja dengan gording baja profil lengkap dengan gambar detail sambungan titik buhul berikut.

Gambar Contoh Kuda-Kuda Baja Dengan Gording Baja Profil

contoh detail kuda-kuda baja dengan gording baja profil

contoh detail kuda-kuda baja dengan gording baja profil

contoh detail kuda-kuda baja dengan gording baja profil

contoh detail kuda-kuda baja dengan gording baja profil

PERSYARATAN TEKNIS RANGKA ATAP BAJA RINGAN

  • Kuda-kuda terpasang kuat dan stabil, dilengkapi dengan angkur (dynabolt) pada kedua tumpuannya. 
  • Semua kuda-kuda tegak-lurus terhadap ringbalk. 
  • Ketinggian apex untuk pemasangan nok di atas setiap kuda-kuda rata. 
  • Sisi miring atap rata (tidak bergelombang). 
  • Tidak ada kerusakan lapisan pelindung. 
  • Tidak terjadi deformasi (perubahan bentuk) akibat
Oke kali ini cukup sekian dulu, kita lajutkan besok lagi untuk materi kuda-kuda baja ringan pada bangunan baja. Apabila teman-teman ingin bertanya silakan komentar dikolom komentar. Saya menyadari bahwa tulisan masih banyak kekurangan kritik dan saran akan saya terima.