Bagaimana Cara Menjadi Orang Kreatif ?

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang unutk menghasilkan hal-hal/sesuatu yang baru, tidak meniru dan asli bukan replikasi. Banyak dari kita yang menganggap bahwa kreativitas merupakan bawaan sejak lahir serta menganggap bahwan kreatif itu adalah seniman, padahal bukan hanya seorang seniman saja yang bisa dikatakan memiliki kreativitas. Semua orang bisa memiliki kreativitas.
Kreativitas yang ditunangkan dalam bentuk design. Tugu Jogja
Kreativitas yang ditunangkan dalam bentuk desain. Tugu Jogja : krisna-andhita.my.id
Kreativitas Menurut Beberapa Ahli 
Kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat masalah dan peluang (Wycoff, 1991).

Kreativitas diartikan sebagai penggunaan imaginasi dan kecerdikan untuk mencapai sesuatu atau untuk mendapatkan solusi yang unik dalam mengatasi persoalan (Sahid Susanto, 1999: 3).

Sehingga dapat disimpulkan bawah Kreativitas adalah kemampuan seorang dalam memanfaatkan sebuah peluang untuk memikirkan suatu ide-ide baru dan menciptakan hal baru baik berupa gagasan maupun sebuah karya sehingga dapat menemukan solusi dan memecahkan sebuah persoalan. Produk hasil kreativitas ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baru, tetapi dapat berupa gabungan dari data-data atau unsur-unsur yang telah ada sebelumnya sehingga menghasilkan sesuatu yang berbeda.

Indikator atau Pengukuran Kreativitas
Menurut Munandar (Hamzah B. Uno dan nurdin Mohamad, 2011: 252), berpendapat bahwa indikator kreativitas sebagai berikut:
1. Memiliki rasa ingin tahu yang besar;
2. Sering mengajukan pertanyaan yang berbobot;
3. Memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah;
4. Mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu;
5. Mempunyai atau menghargai rasa keindahan;
6. Mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain;
7. Memiliki rasa humor yang tinggi;
8. Mempunyai daya imajinasi yang kuat;
9. Mampu mengajukan pemikiran, gagasan pemecahan masalah yang berbeda dari orang lain (orisinal);
10. Dapat bekerja sendiri;
11. Senang mencoba hal-hal baru;
12. Mampu mengembangkan atau merinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi)

Lalu Bagaimana Cara Meningkatkan Kreativitas 
Untuk meningkatkan kreativitas diri, bisa melakakan beberapa cara Berporses secara aktif, artinya kita harus mencari sumber inspirasi yang bisa memberikan ide-ide baru atau memotivasi diri untuk memproduksi karya yang belum pernah diciptakan sebelumnya. Contohnya adalah dengan membaca buku, menonton film, jalan-jalan, mendengarkan musik dan mengamati karya orang lain. Ditambah dengan melakukan tugas dan peluang yang menantang, dengan menantang diri akan bermanfaat untuk bisa menunjukan kemampuan kreativitas diri.

Jika diringkas, maka cara- cara untuk menumbuhkan dan memperbaiki kreativitas adalah dengan Anda harus terbiasa membiasakan yang tidak biasa

1 comment for "Bagaimana Cara Menjadi Orang Kreatif ?"

Post a Comment