Mempercepat Koneksi Internet Dengan Mengoptimalkan Router Anda

Untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat, salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan pengaturan router. Dengan memperbaiki pengaturan pada router, Anda bisa memaksimalkan kecepatan internet yang tersedia. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan optimasi pada router dan meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda.

1. Memposisikan Router di Tempat yang Tepat

Posisi router Anda dapat memengaruhi kecepatan internet Anda. Pastikan untuk meletakkannya di tempat yang terbuka dan jauh dari gangguan sinyal, seperti dinding atau peralatan elektronik.

Memposisikan Router di Tempat yang Tepat
Cara Memposisikan Router di Tempat yang Tepat

2. Menggunakan Frekuensi yang Sesuai

Jika Anda memiliki router dual-band, pastikan untuk menggunakan frekuensi yang tepat. Frekuensi 5GHz dapat memberikan kecepatan yang lebih tinggi tetapi jangkauannya lebih pendek, sedangkan frekuensi 2.4GHz memiliki jangkauan yang lebih luas tetapi kecepatannya lebih lambat.

Perbedaan Frekuensi 5.0 GHz dan 2.4 GHz
Perbedaan Frekuensi 5.0 GHz dan 2.4 GHz

Perbedaan utama antara wifi dengan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz terletak pada interferensi sinyal dan lingkup sinyal. Frekuensi 5 GHz memiliki interferensi sinyal yang lebih sedikit dibandingkan dengan frekuensi 2.4 GHz, karena frekuensi 5 GHz memiliki frekuensi yang sama dengan gelombang pada microwave dan Bluetooth. Sementara itu, wifi dengan frekuensi 2.4 GHz memiliki lingkup sinyal yang lebih luas dan lebih kuat. 

Oleh karena itu, pemilihan wifi dengan frekuensi yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan. Jangan hanya memilih wifi dengan frekuensi yang paling baru atau mahal tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Pastikan koneksi internetmu cepat dan stabil, karena hal tersebut merupakan hak semua orang, termasuk kita, para milenial.

3. Mengoptimalkan Pengaturan Router

Pastikan untuk mengoptimalkan pengaturan router Anda, seperti mengaktifkan Quality of Service (QoS) untuk mengatur prioritas lalu lintas internet atau mengaktifkan jaringan tamu untuk membatasi akses internet bagi pengunjung.

Quality of Service atau QoS merupakan alat yang sangat berguna namun sering kali kurang dimanfaatkan. QoS memungkinkan router untuk membagi bandwidth yang tersedia antara aplikasi yang berbeda. Dengan aturan QoS yang baik, Anda dapat memastikan bahwa aktivitas seperti video streaming tidak terganggu oleh unduhan file besar atau laptop kerja tidak lambat saat Anda mencoba memenuhi tenggat waktu penting. 

Mungkin analogi yang bisa membantu Anda memahami konsep QoS adalah membayangkan koneksi internet Anda sebagai sebuah rumah sakit. Bandwidth yang tersedia adalah jumlah dokter yang tersedia untuk merawat pasien, sementara aplikasi yang berbeda dianggap sebagai pasien dan router sebagai perawat triase. 

Pada jaringan biasa, perawat triase hanya menugaskan pasien ke dokter yang tersedia tanpa memperhatikan tingkat keparahan situasi pasien. Dengan analogi ini, jika ada seseorang yang baru saja ditabrak truk, mereka akan mendapatkan dokter meskipun kondisinya tidak parah. Sebaliknya, pasien dengan kondisi yang lebih serius mungkin harus menunggu lama untuk mendapatkan perawatan karena dokter sedang sibuk. 

Dalam jangka pendek, rumah sakit akan menjadi kekacauan yang macet dan pasien dengan prioritas tinggi tidak akan mendapatkan perawatan prioritas tinggi. Dengan menerapkan aturan QoS yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi yang membutuhkan bandwidth lebih tinggi akan diutamakan dan tidak terganggu oleh aplikasi lain yang membutuhkan bandwidth yang lebih sedikit.

Untuk Cara Mengaktifkan Kualitas Layanan di Router Anda, akan saya update di artikel selanjutnya. 

4. Membersihkan Cache Browser

Coba membersihkan cache browser pada perangkat Anda untuk meningkatkan kecepatan internet. Cache browser dapat menghambat kecepatan internet Anda jika tidak dibersihkan secara teratur.

Untuk membersihkan cache browser, pertama-tama Anda perlu membuka pengaturan atau opsi pada browser Anda. Pada pengaturan tersebut, Anda dapat mencari opsi untuk membersihkan cache atau hapus riwayat penjelajahan. Setelah menemukan opsi tersebut, Anda dapat memilih data yang ingin dihapus, seperti cache, riwayat penjelajahan, dan cookies. 

Namun, perlu diingat bahwa membersihkan cache browser juga dapat menghapus data yang mungkin Anda butuhkan di masa depan. Misalnya, cache browser dapat menyimpan kata sandi dan informasi login yang diperlukan untuk masuk ke situs web tertentu. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami konsekuensi dari membersihkan cache browser sebelum melakukannya. 

Dalam beberapa browser, Anda juga dapat mengatur pengaturan cache agar tidak menyimpan data tertentu, atau menghapus cache secara otomatis setiap kali Anda menutup browser. Ini dapat membantu menghindari masalah yang terkait dengan cache browser, sambil tetap menjaga kinerja browser Anda.