Meloloskan Diri Dari Fenomena Tindihan

Meloloskan Diri Dari Fenomena Tindihan
Meloloskan Diri Dari Fenomena Tindihan Atau Ketindihan
Cara Bisa Lolos Dari Fenomena Tindihan  - Fenomena yang dikenal dengan sebutan sleep paralysis alias kelumpuhan tidur, atau yang sering kita istilahkan sebagai ketindihan atau tindihan.  Banyak dari kita merasakan tindihan dalam tidurnya, siapa sih yang belum pernah saat terbangun, lalu rasa dalam pikiran seolah sudah sadar, tapi bagian tubuh lain tak bisa digerakkan. Napas tak bisa diatur karena benda berat yang menindih.

Sebenarnya apa sih tindihan itu, dan bagaimana agar bisa lolos dari ketindihan ?

Tindihan saat tidur bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Menariknya, saat tindihan terjadi, seseorang sering mengalami halusinasi seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur, sehingga masyarakat sering mengaitkan penyebab tindihan oleh gangguan setan. Tak heran, tindihan menurut dunia medis akan diabaikan dan tidak mengaitkan fenomena tindihan dengan hal mistis.
Mitos itu sebentar lagi pasti ditinggalkan, sebab ilmuwan telah menemukan senyawa di otak yang memicu tindihan. Sementara menurut pandangan medis, tindihan adalah keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur kemudian merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak.

Sebuah penelitian di University of Toronto menemukan bahwa tindihan atau dalam bahasa ilmiah disebut sleep paralysis terjadi karena perubahan kimiawi di otak. Perubahan tersebut menyebabkan saraf-saraf yang menggerakkan tubuh lumpuh untuk sementara. Senyawa yang terlibat dalam kelumpuhan saraf-saraf tersebut ada 2, yakni glycine dan GABA (gamma-aminobutyric acid). Saat tidur memasuhi fase REM (Rapid Eye Movement), keduanya bergantian menduduki neurotransmitter dan membuat komunikasi saraf terhenti.

Cara Agar Lolos Dari Ketindihan

Ini adalah cerita yang saya alami sendiri ketika tindihan, ya saya ketindihan hampir setiap malam malah kadang bisa 2-3 kali dalam satu malam paling banyak kalau tidak salah dalam semalam saya mengalam 8 kali tindihan. Saya merasakan halusinasi aneh-aneh juga muncul seperti sosok yang menyeramkan menghinggapi pandangan mata. Setelah perjuangan keras untuk bangkit berkali-kali, akhirnya raga pun terjaga.

Jika teman-teman mengalami ketindihan sesekali, berdasarkan pengalaman saya ini teman-teman dapat mengambil langkah-langkah di rumah untuk mengendalikan gangguan ini adalah dengan :
  1. Mulailah dengan memastikan cukup tidur . 
  2. Lakukan apa yang teman-teman bisa untuk menghilangkan stres dalam hidup Anda terutama sesaat sebelum tidur. Karena pikiran yang terbawa saat tidur akan membuat otak kalian masih bekerja sedangkan tubuh teman-teman sudah pingin tidur itu salah satu penyebab ketindihan juga.
  3. Coba posisi tidur baru jika Anda tidur telentang karena jika terlentang akan menyulitkan kita untuk bernafas, saya sudah coba berkali kali jika tidur terlentang kemungkinan ketindihan saya mengikat. Saran dari saya cobalah tidur dengan posisi menyamping.
  4. Jika posisi teman-teman sudah ketindihan cobalah menggerakkan ujung-ujung jari kaki dan tangan sedikit demi sedikit, lalu atur napas perlahan dan kalian akan bisa terbabas dari ketindihan yang menyeramkan itu.
  5. Gunakan selimut saat tidur, ya ini muruapakn cara ampuh saya untuk antisipasi apabila masih ketindihan, selimut aku gunakan agar saat bangun dan ketindihan mata saya akan gelap jika dibuka ini akan menghindari halusinya akan munculnya sosok menyeramkan. Dah ini ampuh bisa kalian coba.
  6.  Jika teman-teman tindihan, jangan takut cobalah untuk tetap tenang karena rasa takut itu akan menyababkan kalian berhalusinasi dan menyabkan munculnya sosok saat kalian membuka mata.
Baik saya rasa cukup dulu, itulah pengalaman saya dalam mengatasi ketindihan dan ahirnya bisa menguasainnya, bahkan sekarang saya malah sengaja membiarkan ketindihan terjadi sampai seperti jiwa terbang. Jangan dicoba ya teman-teman ini katanya berbahaya.

2 comments for "Meloloskan Diri Dari Fenomena Tindihan "

  1. pantes aja selama ini saya suka ketindihan, ternyata kurang tidur jadi salah satu penyebabnya, thanks gan info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain harus cukup tidur harus bisa mengatur pola tidur dan posisi tidur yang baik untuk mempermudah jalur nafas kita saat tidur. terima kasih atas kunjungannya

      Delete

Post a Comment