Gowes Yuk ! Tips Bersepeda Santai Demi Menjaga Kesehatan

Bersepeda Santai Demi Menjaga Kesehatan
Gowes Yuk ! Tips Bersepeda Santai Demi Menjaga Kesehatan - Ahir-ahir ini banyak saya jumpai di daerah saya pesepeda baik anak-anak, muda-mudi, bahkan orang tua mulai meramaikan jalan dengan sepedanya. Entah karena memang hobi atau memang mengikuti tren yang sedang kekinian. Atau bahkan karena sudah bosan dirumah karena pandemi virus corona ini kemudian.
Gowes atau Bersepeda santai tidak hanya untuk sarana refreshing, tetapi juga untuk melatih napas dan kekuatan otot. Menyenangkan, bukan? Bagi yang berminat untuk memulai gaya hidup baru yang lebih ramah lingkungan dan sehat dengan bersepeda, teman-teman dapat menyimak bagaimana sih bersepeda santai yang baik itu.

#Pastikan Dalam Keadaan Tubuh Yang Fit

Jika kondisi badan tidak fit tentu tidalah direkomendasikan untuk gowes santai atau bersepeda, bukan menjadi sehat yang ada akan membayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Apalagi sekarang sedang masa Pandemi Virus Corona saya menyarakan untuk penderita penyakit kronis, penyakit autoimun, dan kaum lansia, sebaiknya tetap tinggal di rumah dan tidak bersepeda ke luar rumah.

#Pilih Sepeda Yang Tepat dan Nyaman

Banyak dari teman-teman saya saat bersepa mempunya masalah dengan ketidak cocokan dengan speda yang digunakan, mulai dari kekecilan atau kebesaran tentu itu akan menyulitkan bukan. Makadari itu pastikaan teman-teman sebelum bersepeda pilihlah sepeda yang tepat dan sesuai dengan tubuh atau badan teman-teman. Tidak perlu mahal, yang terpenting sepeda yang kamu gunakan nyaman, memiliki kondisi yang baik, dan sesuai untuk kebutuhanmu bersepeda. Bagian-bagian yang biasanya sangat diperhatikan adalah handlebar grip (pegangan tangan) dan sadel atau dudukan.

#Gunakan Pengaman 

Walapaun teman-teman cuma pengen bersepeda santai tetap gunakan pengaman ya seperi Helm, Kunci gembok (jika berencana untuk meninggalkan sepeda dan singgah di beberapa tempat),Sarung tangan (di musim dingin), Pompa lacak (untuk digunakan di rumah), Pompa mini (untuk digunakan dalam perjalanan, Kunci-kunci atau peralatan untuk menyetel sepeda.

#Pasang Lampu Di Sepeda 

Mungkin ini sekarang sudah diangap tidak penting, tapi ingat ya teman-teman lampu di sepeda sangatlah penting guna memberitau keberadaan pengguna jalan lainnya. Banyak loh kejadian karena kurangnya lampu kejut atau penerangan di sepeda kita mengakibatkan kecelakaan.

#Bersepeda Dengan Santai, Tertib dan Rapi

Nah ini lah yang sedang marak sekarang, bersepeda jangan sampai mengerobol memenuhi jalan. Pengguna jalan bukan hanya peseda saja. Usahakan jika bersepeda bersama-sama gunakan lajur kiri dan baris rapi karena jika bergerombol akan membahayakan dan membuat jalan macet.

Ketika Gowes atau bersepeda harus tetap diimbangi dengan pemberian jeda dan waktu untuk tubuh dalam beradaptasi. Saat akan mulai bersepeda, lakukanlah dengan rute yang ringan dan mudah. Jika mulai terbiasa, tambahkan durasi waktu dalam bersepeda. Pastikan untuk selalu memberikan batasan dan jangan terburu-buru dalam menentukan target dalam bersepeda.

Oke teman-teman bersepeda sekarang sudah menjadi gaya hidup / lifestyle baru. Yuk mulai bersepeda dengan benar dan mentaati peratuan. Salam Sehat.

2 comments for "Gowes Yuk ! Tips Bersepeda Santai Demi Menjaga Kesehatan"

Post a Comment